Rabu, 29 Desember 2010

STILL


PROLOG
“Siap-siap ya..satu…dua..tiga !”  dan gw membuka penutup mata Deryn, pacar kesayangan gw.
Lama Deryn tertegun melihat pemandangan di depan matanya, seakan gak percaya kalau Deryn bisa melihat. Hari ini gw tepat 4 tahun berpacaran sama Deryn makanya gw sengaja bela-belain nyewa  ferry dari jauh hari supaya bisa ngerayain hari ini di Singapura sama Deryn. Gw yang udah naik duluan ke atas ferry, mengulurkan tangan dan ngajak Deryn buat bergabung. Deryn seperti masih ga percaya dengan apa yang dia lihat sekarang.
“Happy fourth anniversary beb” gw berbisik di kuping Deryn, memeluk tubuh kecilnya dari belakang.
“you too.”
Gw bisa lihat senyuman manisnya, lengkap dengan sebuah lesung pipit kecil.

ahi


“HEH LU CEWE ! SINI !” gw membentak seorang siswi kelas satu, maklum hari ini adalah hari pertama sekolah gw, SMPK Permata. Gw sebagai osis kelas 3 tentunya harus sok-sok galak di depan adek kelas biar mereka gak pada ngelunjak nantinya. Ini nih contohnya siswi baru tapi uda hebat banget kelupaan atribut tas karung.
                Siswi baru itu berjalan ke arah gw. Fisiknya ga gitu oke, rada gempel dengan rambut sebahu ah pendek pula. TOTALLY NOT MY STYLE.
                “kemana tas karung lo ?” nada gw sinis
                Dia diam
                “woy lo punya mulut ga ?” masih sinis, dan gw mulai kesel
                Dia tetap diam
                Gw ngebentak dia lagi, “balikin papan nama lo !”
               
DERYN CARISSA YOHANA

                Yah, gw akuin namanya cukup bagus, “lo hari ini dapet hukuman, special dari gue !”
                Mukanya terlihat sedikit mesem, kasian juga sih
                “lo bersihin wc cowo hari ini, ga ada tawar menawar sama gw”
                Pasrah lah sudah dia
                “lo gak kemana-mana, ayo sekarang !” gw menuntun die kea rah wc cowo dan ngasih tau tempat alat-alatnya di simpen. Lucu juga nih cewe, nurut aja. Untungnya ini lagi libur jadi ga bakal ada banyak cowo masuk keluar wc ini.
                Gw sebagai tutor dy hari ini ga mungkin ninggalin dia, tapi mau gimana ?gw mulai bosen berdiri ngeliatin dia selama 3 jem terakhir, padahal gw tau itu wc uda bersih. Akhirnya gw tinggal dia ke kantin sebentar.
                “om, minta teh kotak dong !” gw langsung ngambil minuman dari dalam freezer
                SEGARNYOO, gw haus banget sebenernya daritadi , Cuma malah harus ngejagain tu anak cewe. Mendadak gw terpikir sebuah ide bagus.
                “Deryn, ngapain lo duduk di situ ?” gw liat Deryn lagi duduk di tepi pintu wc laki-laki
                Dia hanya diam, ga brani bersuara dan langsung berdiri.
                “gue ga suruh lo berdiri kok, sini duduk” gw duduk, memukul lantai tempat Deryn duduk tadi
                Kembali dengan sangat menurut Deryn duduk di sebelah gue
                “cape ?” kali ini nada gw ramah sama dia
                Dia mengangguk
                “haus ?” gw bertanya lagi
                Dia mengangguk lagi
                “lo mau ?” gw tiba-tiba menyodorkan sebuah the kotak yang masih dingin dan berair kea rah Deryn. Dia terlihat kaget.
                “ga usah kaget kali, gw daritadi bentak-bentak lo Cuma karna lo anak baru aja,” gw diam sebentar, “sorry kalo lo jadi takut sama gw” gw mengulurkan tangan meinta permaafan dari Deryn.
                Dia menyambut uluran tangan gw. Tangan Deryn terasa kecil banget dan halus.
                “jadi mau ga ?” gw menawarkan kembali.
                Dia langsung ngambil the yang gw kasih, “makasih”
                Untuk pertama kalinya gw denger dia bersuara, suaranya menenangkan. Gw rasa anak ini punya banyak daya tarik Cuma fisiknya aja yang tidak menarik.
                Dari hari itu gw sering ngobrol sama Deryn, entah via sms, telepon, ataupun internet dang w menemukan kalau Deryn bener-bener good personality girl dan gokil parah ! untungnya gw masi kontek sama dia sampe gue udah lulus smp dan kahirnya setelah satu tahun gw ga ketemu dia, gw kembali ke smp gw dulu.
                “Raska !” suara Deryn kenceng banget, mengangetkan gw yang lagi makan sate si Rizky didepan smp.
                “pacar lu tuh dateng !” ledek Rizki.
                “bacot lu ki !” gw bercanda.
                “bagi dong” Deryn langsung mengambil setusuk sate ayam dari piring gue, ga pake ba bi bu.
                “ih lo jadi cewe kasar banget sih ryn !” gw menoleh ke arah wajahnya
                I’M SPEECHLESS
                Dia berubah, dia benar-benar berubah. Rambutnya yang dulu pendek sebahu kini sudah panjang melebihi tulang selangkanya, dengan sebuah poni rata yang tergunting rapi. Tubuhnya juga kini ideal, tidak kurus dan tidak gemuk dan yang aku sadari IA MEMPUNYAI SEBUAH LESUNG PIPIT.
                “heh kenap a lo nyet ?” Deryn membuyarkan lamunan gw, “lebay banget liati gue sampe segitunya ?”
                “eh ?”gw jadi sedikit gagap, “gapapa lo makin jelek aja gw liat”
                “elo juga,” dia mengunyah sebentar,” lo  ada apaan ke sini ?”
                “kebetulan lewat aja gue, kangen sama rizki. Ya gak ki ?”
                “apa kata lo deh ka” ucap Rizki sambil tetap ngipas sate
                Tak lama gw nyelesain sepiring sate ayam Rizki, dan abis itu gw nagnterin Deryn balik ke rumahnya. Untuk pertama kalinya gw tau rumah Deryn. Entah gimana caranya sejak itu gw makin deket sama Deryn, gw mulai sering jalan berdua sama dia hang out ke mall, ke restoran-restoran favorit even nemenin dia shopping. Untuk pertama kalinya gw tau Deryn suka shopping. Dan akhirnya semua sampai pada acara wisuda Deryn.
                “Deryn !” gw manggil dia di tengah-tengah kerumunan bocah-bocah smp. Yah gw uda kelas 2 SMA sekarang jelas aja gw anggap mereka Cuma bocah.
                Deryn langsung berjalan ke arah gw, tanpa sulit tubuhnya yang sudah mungil sekarang berjalan melalui para siswa lainnya yang turut merayakan
                “hei” Deryn tersenyum.
                IA MANIS.
                “selamat ya ryn” gw balik tersenyum, “yuk ?”
                Seperti yang gw janjjin ke Deryn seminggu yang lalu, sebelum kelulusannya kalau gw bakal traktir dia sushi all you can eat di sebuah hotel kalau dia berhasil masuk 5 Besar di angkatan. Dan yah, dia mendapatkan ranking 3 se angkatannya.
                Gw kangen banget ngabisin waktu kayak gini sama Deryn di mobil, setelah 2 bulan dia bener-bener focus sama sekolahnya akhirnya gw kedapatan juga ketemu Deryn. Untuk pertama kalinya, gw mengerti kalau Deryn orang yang ga gampang menyerah dan kepala batu.
                “enak ?” gw membuka percakapan kecil selama makan sushi
                Dia mengangguk sambil tetap mengunyayh, “enak ka !”
                “bagus deh,  duitnya juga enak gw ryn” gw meledek
                “yeee, elu kan uda janji !”
                “iya iya” gw masih tetap mengunyah, “ryn gw sayang sama lo nih”
                “hah ?gw juga sayang kok sama lo”
                Gw SHOCK.
                “muka lo kenapa deh ka ?lu becanda aje wahahaha” Deryn tertawa
                “gw ga suruh lo ketawa” gw diem sebentar, “gw sayang sama lo”
                Kami berdua diam.
                “wondering how I say this to you, would you be mine Deryn Carissa Yohanna ?”
                Dia terdiam cukup lama, melihat kea rah mataku.
                “then wondering how you say this to me, I wouldn’t ignore” Deryn tersenyum
                Untuk kesekian kalinya gw menyadari, Deryn adalah seorang yang begitu cantik saat ia tersenyum, menangis, terkejut ataupun terdiam mengamati sekitarnya.

                Dan di sinilah gw sekarang, Singapura, tempat tinggal kedua orang tua gw merayakan tahun ke empat gw bersama Deryn. Gw memeluk erat pinggangnya seakan ga mau melepas dia kemanapun dan ga akan biarin dia pergi kemanapun, karna gw sayang sama Deryn dan gue tau itu ga akan berubah.

ahi

                “raska, aku boleh bobo ga ?” Deryn membuyarkan lamunan gw
                “yaudah tidur aja, nanti kalo uda sampe aku bangunin ya”
Gw kembali menatap jalanan Singapura, berhubung hotel Deryn berada di daerah marina maka jam  12 malam seperti ini ga banyak mobil yang melintas. Laut biru yang terlihat hitam karna malam terpampang luas di mat ague, gw membuka kaca mobil buat nikmatin wanginya laut.
Tanpa sadar, hotel tempat Deryn menginap sudah samar-samar terlihat.
“Deryn” gw memanggil sehalus mungkin
Tanpa gw tahu, supir taksi yang gw tumpangin ternyata mengantuk daritadi dan sepertinya ga bisa menahan lagi ngantuknya. Gw ga sempet lagi bangunin Deryn, taksi yang gw tumpangin oleng dan terguling, gw bisa merasakan taksi menabrak trotoar. Tangan gw sakit tertancap pecahan kaca.
“DERYN !”
Deryn masih terlelap dengan tak sadar. Wajahnya sudah penuh darah, dan dahinya tidak berhenti mengeluarkan darah. Gw sendiri ga bisa melihat jelas karna kepala gw terbentur keras dan cukup mengeluarkan darah. Gw ga tahan, kepala gue sakit luar biasa dan semuanya berubah menjadi gelap. Menggenggam tangan Deryn adalah hal terakhir yang gue ingat.

ahi

Tidak ada komentar: